Sharing informasi mengenai hal-hal yang menarik untuk dibahas.

Thursday, April 9, 2015

Persiapan Backpacker Sebagai Pemula


Persiapan Backpacker Sebagai Pemula- Kalian suka traveling? Ingin merasakan berpetualang hingga pelosok nusantara ataupun dunia? Banyak yang menjawab "mau", "iya", "kepengen". Tapi,
banyak yang bilang kalau traveling itu mahal dan ribet, sehingga mereka memendam dan mengubur keinginannya untuk traveling. Padahal traveling itu sebenarnya mudah dan menyenangkan. Karena setiap orang butuh instirahat sejenak dari yang namanya rutinitas pekerjaan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan jalan-jalan murah, dan Traveling adalah salah satu caranya. Tapi kebanyakan orang beranggapan kalau backpacker itu ribet, karena harus mengurus semuanya sendiri.

Sebenarnya backpacker itu apa? Kebanyakan orang beranggapan backpacker itu ribet karena mereka belum tau sebenarnya apa itu backpacker. Backpacker adalah berkeliling dan berpetualang dengan biaya yang murah dan minim. Pendapat lain juga menyatakan bahwa backpacker itu perjalanan secara independent, yang diidentikkan dengan melakukan pengembaraan. Backpacker sekarang sudah menjadi sebuah trend, terutama ketika ornag lebih memilih melalukan perjalanan serba sendirian ataupun melakukan perjalanan dengan biaya yang sangat murah.
Ketika orang-orang sudah mulai menyadari bahwa bepergian itu tidak selalu dengan menggunakan biaya yang banyak, dari sini kemudian berkembang istilah baru seperti flashpacking, campervan, dll.

Alasan Mengapa Menjadi Backpacker

  1. Berpetualang itu memang menyenangkan.
  2. Kita bisa lebih mengenal spot wisata dan penuh dengan pengalaman.
  3. Menambah banyak teman.
  4. Selain murah, backpacker itu mudah.
  5. Memiliki kesan tersendidi apabila kita backpacker.
  6. Penuh dengan tantangan.
  7. Mendapatkan banyak pelajaran hidup yang belum tentu kita dapatkan dari pengalaman lainnya.
Informasi yang harus diketahui Seorang Backpacker
Seorang backpacker harus memiliki banyak informasi mendalam tentang tempat yang dituju. Sebagian informasi, bisa dicari lewat internet dengan mengakses tempat yang ita di tuju lewat google atau juga beberapa situs traveling. Selain mencari informasi lewat internet, buku-buku tentang travelling seperti Lonely Planet bisa dijadikan referensi untuk informasi traveling kita, serta mencari informasi dari orang yang sudah pernah melakukan perjalanan ke tempat yang akan kita tuju nantinya.

Manajemen Perjalanan menjadi Backpacker

Manajemen perjalanan merupakan hal terpenting dalam melakukan suatu perjalanan dengan biaya yang rendah. Seorang backpacker harus melakukan pengelolaan atas biaya, waktu dan juga kebutuhan secara bijak dan tepat karena terbatasnya waktu dan biaya yang dimilikinya.
Misalnya saja tiket, tiket perjalanan yang murah biasanya bisa didapatkan saat promo atau dari jauh-jauh hari, bukan saat beberapa hari akan keberangkatan. Yang paling penting adalah apabila kita harus menunda perjalanan atau misalnya saja karena penerbangan tersebut dibatalkan.

Manajemen waktu menjadi sangatlah penting apalagi jika kita memiliki kegiatan lain seperti sekolah, maupun bekerja. Perencanaan dan manajemen yang baik akan memberikan kemudahan seorang backpacker dalam melakukan perajalanan secar mudah, nyaman, dan juga murah. Musim panas biasanya bukan saat yang tepat untuk melakukan traveling ke negara yang memiliki 4 musim, karena umumnya musim panas adalah puncak kepadatan untuk kegiatan travelling.
Disisi lain, saat musim salju bukan saat yang tepat untuk dikunjungi, walaupun kemungkinan harga tiket murah, bagi orang yang belum terbiasa dengan cuaca dingin tidaklah bagus.
Demikian juga apabila tempat yang akan kita kunjungi sedang ada even besar, transportasi dan akomodasi akan mengalami kenaikan harga. Kondisi-kondisi seperti ini yang akan berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan.

Daftar Bawaan Backpacker

Barang bawaan juga butuh diperhatikan saat kita akan melakukan suatu perjalanan. Ada beberapa maskapai penerbangan yang menerapkan peraturan low price ticket dengan catatan kita tidak membawa barang bawaan di bagasi, cukup cabin bag atau carry-on bag only. Sehingga perlu diperhatikan ketentuan ini apabila ingin bepergian dengan biaya yang murah. Selain itu juga, semakin berat beban yang dibawa, semakin berat pula beban yang harus di topang tubuh kita. Bawalah barang bawaan yang sekiranya benar-benar dibutuhkan agar perjalanan semakin nyaman. Bawa keperluan pribadi seperti obat-obatan, persiapkan kunci gembok untuk tas anda. Jika harus menginap, buatlah list barang bawaan agar rapi dan kemungkinan barang tidak tertinggal di tempat penginapan.

Backpacker Harus Mengontrol Diri

Banyak kejadian, orang akan lupa dengan komitmen dan tujuannya dalam melakukan perjalanan. Biasanya bagi sang pemula atau orang yang baru pertama kali berkunjung ke suatu destinasi, akan kehilangan kontrol ketika melihat barang ataupun tempat yang bagus.
Cara terbaiknya adalah kita harus mendisiplinkan diri sendiri untuk fokus pada jadwal yang telah dibuat. Mungkin saja kita bisa fleksibel dengan jadwal yang dibuat, tapi apabila terlalu fleksibel kemungkinan apa yang ingin dituju atau dilihat tidak semuanya terpenuhi.

Apa yang Harus disiapkan Backpacker?

Yang harus disiapkan antara lain membeli tiket perjalanan, mengurus keperluan perijinan dan menyusun jadwal perjalanan. Patikan semuanya sudah tersusun secara rapi. Mengurus segala sesuatu sendiri lebih murah dibandingkan dengan membayar jasa orang lain. Mnyiapkan list barang bawaan.
Yang paling penting adalah keselamatan dari suatu perjalanan.
 Selamat mengisi waktu luang dengan kegiatan backpacker.. 

No comments:

Post a Comment