Sharing informasi mengenai hal-hal yang menarik untuk dibahas.

Tuesday, April 7, 2015

Enak dan Gak Enaknya Naik Vespa

Halo gan, bertemu lagi nih ya sama mimin. Kali ini mimin mau posting tentang Enak dan Gak Enaknya Naik Vespa gan. Kenapa gitu? bukannya kalo cuma naik enak-enak aja ya? haduh, bukan gitu maksudnya, maksudnya kalo kita ngendarain maupun dibonceng naik vespa gan.
Yuk gan langsung aja gak pake panjang cerita.

Vespa yang memiliki perusahaan induknya yang bernama Piaggio memiliki penggemar dan juga komunitas tersendiri loh gan. Bahkan hingga sekarang ini, Komunitas Vespa di Indonesia tetap eksis loh gan, keren ya.
Walaupun keberadaan dan trend kendaraan roda dua dengan jenis skuter ini tidak setenar pada masanya dan beberapa tahun  belakangan, tapi bagi para pemilik kendaraan ini, vespa akan tetap memiliki nilai tersendiri loh bagi mereka.
Faktanya gan, Komunitas Vespa di Indonesia merupakan komunitas vespa terbesar kedua di dunia setelah negara asalanya yaitu Italia loh gan. wah hebat banget tuh gan.


Enaknya gan :


  1. Dilirik sama Semua Orang
    Percaya nggak percaya gan, kalo kita naik vespa, pasti banyak orang-orang yang ngelirik kita gan, apalagi kalo kita lagi berenti di lampu merah. Sebenernya orang-orang gak sepenuhnya ngelirik kita, mereka pasti ngelirik ke vespanya dulu, baru mereka ngeliat si penunggangnya hehe. Meskipun style vespa ataupun pengendaranya biasa aja, gak menutup kemungkinan yang ngeliat juga menganggap itu unik, artistik, ataupun berselera tinggi gan.
  2. Bakal jadi Orang yang Ramah di Jalan
    Kita jadi orang ramah bukan karena tanpa sebab loh gan. Pasalnya, para pengendara vespa punya hal unik yaitu saling tegur sapa, tersenyum, atau hanya sekedar encet klakson kalo ketemu pengendara vespa lainnya. Seperti yang saya bilang tadi, bahwa komunitas vespa sangat kuat, jadi kita gak perlu sungkan untuk sekedar menyapa pengendara vespa yang lainnya walaupun pengendara itu tidak mengenal kita. Atau lebih serunya lagi, kalau kita tidak melihat pengendara vespa, mungkin pengendara vespa selain kita lah yang akan menegur kita terlebih dahulu, kenal maupun tidak kenal. Jadi nih gan, kalo kita naik vespa, kita berasa punya banyak teman kenalan gan, seru nih.

  3. Gak Bakal Ngerasa Sendirian
    Dari pengalaman mimin nih gan, kalo kita naik vespa, kita gak bakal ngerasa sendirian loh. Agan kan pada tau kalo motor skuter ini memang sudah tua, jadi gak menutup kemungkinan kita bakal mogok di jalan entah karena perangkat yang sudah tua, masalah kecil, atupun hanya karena habis bensin. Gak perlu khawatir gan, kalo kita lagi beruntung, ketika ada pengendara vespa lainnya lewat, dia akan berhenti dan tidak segan-segan membantu kita loh gan. Kalo bensin habis, kita bakal di step untuk ke SPBU terdekat atau dia akan membelikannya gan. Kalo motor kita mogok, dia akan membantu kita memperbaikinya, atau step motor kita sampai bengkel vespa. Ajib deh gan, gak perlu khawatir kalo gini.


  4. Aman
    Aman? kenapa begitu? masa iya kita gak pake helm kalo kecelakaan aman-aman aja. Eits jangan salah pengartian dulu gan. Maksud mimin kalo seandainya kita terjatuh dari vespa kita, kalo posisi kaki kita merapat, kemungkinan kaki kita untuk luka itu sangat kecil gan. Satu lagi gan, enggak tau kenapa nih, pengendara vespa itu aman dari yang namanya tilang, mungkin apesnya kalo razia dari pusatnya baru kita diberhentikan gan. Yah walaupun pengendara vespa aman dengan yang namanya tilang, tetap harus diperhatikan loh gan kelengkapan surat-suratnya dan juga safety nya, biar selamat dan aman-aman aja sampai tujuan.
Enggak Enaknya gan :
  1. Harus Berani Kotor
    Harus kita ketahui dan pahami gan, kalau seandainya vespa kita mogok, kita harus berani mengecek kesalahan apa yang terjadi di vespa kita ini gan, gak hanya itu juga, kita juga harus berani main kotor-kotoran karena terkena oli saat memperbaiki vespa kita ini gan. Jadi kita harus bener-bener berani dengan yang namanya kotor karena hal seperti itu, kalo kacau juga udah dandan rapih-rapih tapi kena oli gan. Inget gan, berani kotor itu baik, hehe..
  2. Repot
    Karena kendaraan ini mengandalkan tangan kanan dan kiri untuk memindahkan kopling dan gigi, jadi inilah yang suka bikin repot. Apalagi saat dalam keadaan kacet, setelan koplingnya keras pula, haduh gan derita banget hehe.. Selain itu gan, cara dan proses dala memperbaiki vespa itu repot. Karena rata-rata dari setiap kerusakan, kita harus melakukan pembongkaran gan. Minimal buka kap mesin dan busi lah gan.
  3. Kadang-Kadang Diejek Orang
    Poin enaknya sih kita bakal dilirik orang gan, tapi ada poin gak enaknya juga. Soalnya gak setiap orang suka sama yang namanya setelan vespa, apalagi kalo setelan vespa kita gajebo (gak jelas bo') hehe.. Ada juga vespa sampah gan, yang memang si pengendaranya sengaja untuk sebuah hobi, tapi dimata orang lain belum tentu itu keren gan.
  4. Berisik
    Kalo hal ini sih gak selalu gan, itu mah tergantung bagaimana si pemilik memanjakan semok ini. Tapi inilah ciri khas dari vespa gan, kalo gak suara knalpotnya, ya suara mindahin giginya. Apalagi kalau dalam kondisi malam hari, dan kita ngendarainnya di gang sempit, bakal menggema suara si semok gan, hehe.. itulah yang orang biasanya bilang berisik.
Itulah gan  Enak dan Gak Enaknya Naik Vespa versi saya dan mungkin sebagian orang. Sekian posting dari saya, jangan lupa untuk koment kalau ada yang kurang dari artikel saya ini gan, terimakasih..

3 comments: