Sharing informasi mengenai hal-hal yang menarik untuk dibahas.

Saturday, April 4, 2015

Gunung Betung Lampung dan Berbagai Mitos yang Menyertainya

Halo gan, kali ini mimin akan mengulas artikel tentang Gunung Betung Lampung dan Berbagai Mitos yang Menyertainya loh. Kenapa begitu? Karena, gak bisa dipungkiri di setiap gunung pasti ada berbagai mitos yang selalu ada dan dipercayai oleh penduduk sekitar sampai sekarang. Sekarang ini mimin mau ngulas tentang Gunung Betung kerena baru beberapa hari yang lalu mimin mendaki kesana buat nyari keindahan gunung betung ini gan. Gak usah lama-lama, yuk kita langsung ke TKP gan 😊   

Kondisi Puncak Gunung Betung Tampak Berkabut

Gunung Betung adalah salah satu gunung yang ada di lampung dan gunung yang lokasinya paling dekat dengan pusat kota Bandar Lampung. Gunung Betung sendiri termasuk kedalam kawasan hutan
konversasi yang dilindungi oleh negara dan merupakan daerah yang masuk kedalam kawasan hutan register 19 Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman (TAHURA WAR).
Ketinggian gunung ini memang tidak terlalu tinggi gan, cuma sekitar 1.240 m dpl sampai 1.640 dpl. Tapi buat agan-agan sekalian yang merupakan pendaki pemula, harus nyoba ngedaki gunung ini dulu karena jalur pendakiannya yang tidak terlalu berat.


Hutan di Gunung Betung yang dialiri oleh Sungai

Kawasan Gunung Betung secara administratif masuk kedalam Kotamadya Bandar Lampung dan Beberapa kecamatan di Kabupaten Pesawaran, yaitu Kecamatan Padang Cermin, Way Lima, Kedondong, dan juga Gedong Tataan gan.
Bagi para pencinta alam maupun yang menyukai kegiatan berkemah, Gunung Betung merupakan salah satu tempat favorit mereka yang paling sering dikunjungi, bukan hanya karena pemandangannya yang indah, tapi juga karena lokasinya yang dekat dengan Kota Bandar Lampung. Gunung Betung menyajikan keindahan alam dan surga dunia yang sangat menawan, indahnya bentangan Kota Bandar Lampung menjadi sebuah lukisan nan indah yang tidak terlupakan. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, Gunung Betung juga menyimpan banyak potensi alam seperti air terjun yang terdiri dari 7 tingkatan dan tebing-tebing pegunungan yang menawan.

Salah satu Air Terjun yang ada di Gunung Betung

Didak hanya diwarnai dengan keindahan alam yang ada, Gunung Betung juga diwarnai oleh beragam fakta dan mitos yang dari dahulu sampai sekarang dipercayai oleh masyarakat sekitar, bahkan para pendaki sejati Gunung Betung.

Faktanya gan :
  1. Dulu ada salah seorang pleton tentara Belanda tersesat di gunung ini dan hilang tanpa jejak.
  2. Tidak hanya itu, di gunung ini ada 7 makan para aulia, yaitu penyebar agama Islam yang bersembunyi dari kejaran tentara Belanda yang ingin menghabisi mereka, mereka memutuskan untuk bersembunyi disini demi menyebarkan agama Islam kepada masyarakat Lampung gan, salut deh ya 👍    

Mitosnya gan :
  1. Gunung ini punya hutan larangan, yang apabila kita memasuki kawasan hutan larangan ini, kita akan berputar-putar dan kembali lagi ketempat yang sama, percaya nggak gan? faktanya sudah banyak para pendaki gunung ini yang bercerita ke mimin kalo ini memang benar-benar ada, bahkan kelompok pendaki itu kembali ke tempat yang sama sampai lebih dari 5 kali gan, ciri-cirinya kalo kita tersesat di hutan larangan itu, kita akan masuk ke perkebunan karet dan keluar di perkebunan coklat, dan berputar seterusnya. Teman mimin ada yang cerita, waktu mereka melihat penyadap karet mereka bertanya kepada orang tersebut, dan orang tersebut menunjukkan arah yang sama saat mereka tersesat, ketika mereka beralih, saat melihat kearah orang tersebut, sang penyadap itu sudah menghilang. wah serem ya gan 😩   
    Untung saja temen mimin bisa keluar dari hutan larangan itu gan 👏
  2. Ketika kita merasa tersesat jauh dari gunung ini, atau kita merasa ada gangguan di sekitar kita seperti dilempari kerikil atau sebagainya, kita harus membacakan sebuah bacaan seperti mantra itu gan. bunyi mantranya "temon panin panyu bedul nyonte", dan buat para pendaki yang percaya itu, saat mereka membacakan bacaan tersebut, gangguan pun akan hilang, dan mereka bisa keluar dari daerah larangan di Gunung Betung itu gan.
  3. Ada sebutan SD Markas untuk menyebut SDN 2 Sungailangka. Karena lokasi sekolah ini dulunya adalah bekas markas tentara Belanda. Kalau malam jumat, warga sekitar sering mendengar suara kebisingan di bagian sekolah tersebut, namun saat di tengok tidak ada apa-apaa gan, ngeri banget.
  4. Ketika kita tersesat di daerah larangannya, kita akan merasakan tersesat sangat lama, sekitar 2 kali lipat waktu yang sebenarnya.
 Sekian deh gan info tentang Gunung Betung Lampung dan Berbagai Mitos yang Menyertainya. Biar bagaimanapun, kita harus percaya bahwa alam gaib tidak ada habisnya mengikuti kita, tapi kita juga harus punya iman gan, jangan terlalu percaya juga sama mitosnya hehe.
Semoga bermanfaat ya gan, dan yang pasti buat nambah-nambah ilmu tentang Gunung Betung. Ditunggu juga komentarnya gan kalau ada yang kurang dari postingan ini. Terimakasih gan  😊    

10 comments:

  1. Besok malam jumat kita orang mau daki gunung betung gan, doain yaa,,, makasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa gan... lancar kah pendakian malam jumat kemarin gan?

      Delete
  2. itu posisi pertama kali kita masuk lewat mana bray? gua sering ke betung tapi nggk pernah tau itu arter. bener kah ada?

    ReplyDelete
  3. itu posisi pertama kali kita masuk lewat mana bray? gua sering ke betung tapi nggk pernah tau itu arter. bener kah ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kok.. kalau yang biasanya dari rute tanggamus itu air terjun atas dan bawah ya mas hasby.. kalo ini kita bisa dapet kalo dari rute taman wan abdul rahman.. ini tingkat pertama dari 7 tingkat gunung betung..

      Delete
  4. Dulu naik betung taun 2009. Gue jadi salah satu orang yg nyebutin mantra temon panin panyu bedul nyonte pas nyasar :) Jadi dulu itu ada pelantikan yg ngeharusin jalan sendiri malem2 dari pos yang udah ditentuin. Eh gue nyasar, dan ada orang jalan di sebelah kayak jalan nyeker di rumput. Sumpah gue keringet dingin. Pas abis baca mantra, entah sugesti atau emang bener, suara orang jalan ngikutin itu langsung ilang, dan gue bisa balik ke tempat semula.

    ReplyDelete
  5. Abis baca artikel ini jadi kangen sama suasana Gunung Betung.....
    Saya pertama kali menginjakkan kaki di Gunung Betung dulu pada tahun 2003
    waktu SMK sering banget tuh kemah / naik gunung Betung....
    Puncak'y yang dingin + suasana pemandangan Kota Bandar Lampung yang Waaahhh... hehe
    Dan Terakhir naik gunung Betung itu tahun 2008-2009,
    Semenjak itulah udah jarang naik gunung karena sibuk dengan kerjaan....

    ReplyDelete
  6. Ajak ajak dong klau mau kegunung siap ikut

    ReplyDelete
  7. Dari perkampungan sampe puncak kurang lebih berapa jam ya?

    ReplyDelete
  8. Th 2015 ,kesasar dong digunung Betung

    ReplyDelete