Sharing informasi mengenai hal-hal yang menarik untuk dibahas.

Monday, May 4, 2015

Curug Cikaso, Salah Satu Curug Terindah di Dunia

Curug Cikaso, Salah Satu Curug Terindah di Dunia- Mungkin belum semua orang tau curug ini, bukan karena curugnya yang kurang menarik melainkan karena lokasinya yang terhalang oleh lembah, sehingga diperlukan perjuangan yang ekstra untuk dapat menikmati keindahan curuk cikaso ini.


Curug ini terletak di daerah Sukabumi Jawa Barat. Yap, sesuai dengan tempatnya, namanya air terjun pasti sangat identik dengan alam, membuat kita bisa mendekatkan diri ke alam. Ketika kita telah sampai ke curug ini, tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan keindahan curug ini. Siapa sangka dibalik sebuah lembah, ternyata ada air terjun yang cantik.

Curug ini sendiri berada di daerah Cibitung tepatnya. Nama asli curuk ini sebenarnya adalah Curug Luhur, namun orang-orang lebih senang menyebutnya dengan nama Curug Cikaso karena curuk ini merupakan aliran dari anak sungai cikaso. Yang unik dari Curug ini adalah dengan tinggi sekitar 30 meter, namun kelebaran air mengalir hingga 100 meter.

Curug ini keseluruhan memiliki 3 aliran air, yang semuanya akan mengalir kedalam sebuah kolam penampungan air terletak tepat di bawahnya. Namun, hanya 2 aliran curug saja yang sangat terlihat, karena 1 curug terhalang oleh tebing-tebing di sekitarnya. Di kolam penampungan yang berada tepat di bawah air terjun tersebut, terdapat banyak tanaman ganggang sehingga membuat air terlihat berwarna biru kehijauan. Sungguh indah bukan..


Karena curug ini memiliki tiga aliran air, maka ketiga curug ini pun memiliki nama yang berbeda-beda. Curug yang berada di sebelah kiri bernama Curug Asepan, Curug Meong yang berada di tengah, dan yang berada di kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan, karena merupakan keunikan dari curug ini.

Rute Menuju Curug Cikaso
Lokasinya berjarak sekitar 30 kilometer bila ditempuh dari Ujunggenteng dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih sedikit, sedangkan apabila ditempuh dari Jampang Kulon, berjarak sekitar 15 kilometer dan 8 kilometer dari Surade atau juga setara dengan 20 menit perjalanan dengan kendaraan.
Jika dari Sukabumi, ikutilah arah jalan yang menuju Ujung Genteng, dengan melewati beberapa rute seperti (Sukabumi- Jampang Kulon - Surade - Ujung Genteng).
Disinilah letak Curug Cikaso, posisinya tepat di sebelah kiri dari jalan persisnya sebelum memasuki kawasan surade di pertigaan jalan Cikaso.
Disinilah kawasan parkir kerdaraan untuk para wisatawan. Loh? terus dimana curug nya? katanya di balik lembah? Tenang gan, setelah memarkirkan kendaraan masih ada perjuangan yang harus ditempuh demi mencapai curug cikaso ini.
Kita harus melanjutkan dengan berjalan kaki melewati pematang sawah ataupun dengan menyusuri sungai menggunakan sampan atau perahu sewaan khusus pengunjung.
Curug ini akan terlihat sangat indah bila debit air sedang besar. kenapa? karena kita akan disuguhi dengan sensasi percikan air bak hujan dari curug cikaso ini. Perjalanan pun akan lebih menyenangkan saat melewati sungai Cikaso dengan sampan ataupun perahu.


Fasilitas yang ada di Curug Cikaso
Objek wisata ini sudah memiliki fasilitas penunjang seperti tempat parkir, warung makanan, kios-kios penjual cinderamata dan toilet.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso
Harga tiketnya terbilang sangat murah, sesuai dengan kepuasan yang didapat, dan juga terjangkau oleh semua kalangan.
  • Pejalan Kaki Rp 3.000,- / orang
  • Kendaraan Mobil Rp 27.000,- / mobil + uang parkir Rp 6.000,-
  • Kebersihan Rp 2.000,- / orang
Sewa Lainnya
  • Perahu Rp 60.000,- / perahu dengan kapasitas 10 penumpang (alternatif bisa jalan kaki)
  • Toilet Rp 2.000,- untuk sekali pakai

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya gan, rencana memang desember mau kesini bareng istri, ngelihat foto fotonya sih keren kayaknya jadi nggak sabar nunggu bulan desember. sukses selalu gan

    www.berduakelilingindonesia.com

    ReplyDelete
  3. wah semoga lancar jalanjalannya ya gan.. semoga dapat pengalaman bagus disana..

    ReplyDelete